Skip to main content

Pengertian Bitcoin Mining

menambang bitcoin
Anggapan sebagian besar orang bahwa semua kegiatan mencari Bitcoin seperti melalui faucet, giveaway, ptc, investasi dll itu di kategorikan dan diartikan sebagai Bitcoin Mining / menambang Bitcoin agaknya perlu mendapat koreksi sedikit.


Dalam dunia nyata kita kenal dengan istilah menambang (emas, perak ,dan logam mulia lainnya). Mencari material tambang di area tertentu untuk di gali kemudian diproses, di kumpulkan yang pada akhirnya profit.

Demikian juga dengan menambang bitcoin.


PENGERTIAN BITCOIN MINING ATAU MENAMBANG BITCOIN

Menambang Bitcoin atau Bitcoin mining yang sebenarnya adalah sebuah kegiatan menambang/memperoleh bitcoin menggunakan perangkat tertentu di dalam sebuah jaringan komputer yang pada prosesnya melalui serangkaian pemecahan rumusan matematis dengan tingkat kerumitan tertentu. Jadi kegiatan ini yang kemudian melahirkan sebutan Bitcoin Mining atau Menambang Bitcoin.

Menggunakan perangkat tertentu itu lebih spesifiknya yaitu menggunakan perangkat pertambangan ala komputerisasi. Bisa menggunakan CPU, GPU, FPGA, maupun ASIC.

Dikalangan penggiat bitcoin, pelaku kegiatan ini sering disebut Penambang atau Miner.

Hal ini tak lepas dari sifat dan cara kerjanya mirip dengan pertambangan konvensional. Hanya saja perbedaannya, kalau Bitcoin pertambangannya dilakukan secara digital untuk memecahkan rumusan kode-kode matematis sedang pertambangan konvensional melalui proses pertambangan fisik.


Adapun hasil tambang yang didapat, kadangkala penambang rugi alias tekor  karena tidak berhasil profit, dan ada juga yang untung.

Gambaran nyatanya adalah, akan ada banyak hambatan dan kesulitan saat pelaku tambang melakukan proses pertambangan tersebut.


Menjadi seorang bitcoin miner atau penambang bitcoin, lazimnya adalah memahami dulu seluk beluk kegiatan ini.

Untuk menambang Bitcoin, anda harus terhubung ke dalam sistem jaringan serta perangkat-perangkat Bitcoin.

Istilah ini sering disebut Node.

Jadi ketika seseorang terhubung ke dalam jaringan Bitcoin menggunakan sebuah perangkat, maka node tersebut akan melakukan serangkaian tugas.

Node akan mendengarkan semua transaksi yang terjadi, memvalidasinya kemudian melakukan pemeriksaan terhadap digital signature alias tanda tangan digital.

Tanda tangan digital dan output yang di sertakan dalam transaksi itu harus benar-benar siap, dalam artian belum dihabiskan/belum dikeluarkan pada transaksi lain sehingga memastikan tidak terjadi double spending.

Ini tak semudah yang dibayangkan.


Jika ini sudah terlaksana tugas selanjutnya adalah menjaga data transaksi pada rantai blok (Blockchain) dan mendengarkan blok baru yang tercipta.

Didalam sebuah jaringan, penambang bisa meminta semua catatan sejarah blok pada node lain yang telah masuk sebelumnya. Mendengarkan blok baru yang di broadcast didalam jaringan tersebut, lalu memvalidasi blok yang di terima.


Rangkaian tugas rumit ini terus berlanjut ke tahap membangun blok.

Salinan lengkap catatan transaksi yang diperoleh pada rantai blok pada node sebelumnya tadi selanjutnya merupakan bagian proses membangun sebuah blok baru.

Nah, untuk melakukannya yaitu dengan cara mengelompokkan semua transaksi yang kita terima kepada calon blok baru, diperluas atau diproses lagi pada blok yang kita ketahui, kemudian memastikan semua transaksi di dalam blok itu adalah sah dan valid.


Tidak selesai sampai disini, penambang dihadapkan lagi pada kesulitan lainnya yaitu berharap blok baru diterima.

Blok baru terlebih dahulu membutuhkan persetujuan dari Blockchain. Pada kenyataannya tidak ada jaminan sebuah blok baru itu diterima oleh rantai jaringan atau blockchain.

Bukan itu saja, Miner/ penambang dapat berharap agar penambang lain menerima usulan blok nya sehingga penambang bisa mulai menambang diatas blok tersebut.

Jadi bukan pada blok penambang lain.


Begitulah sekelumit atau gambaran sederhana menambang bitcoin, walau prosesnya tak sesederhana itu.

Walau begitu, ada reward besar bagi penambang berhasil.

Semua proses tambang dari mencari hingga menemukan blok baru, akan dibayar sepadan dengan usaha diperoleh.

Pertambangan sengaja dirancang sedemikian rumit sebagai konsekuensi sumber daya intensif sehingga jumlah blok yang ditemukan setiap hari oleh para penambang tetap stabil.


Ketika blok kita diterima dan dinyatakan sebagai blok yang valid oleh penambang lain maka saat itulah kita memperoleh hasil akhir yaitu berupa reward/upah selayaknya penambang.

Reward yang berlaku hingga saat ini adalah 25 Bitcoin untuk setiap blok yang valid.

(*nilai btc pluktuatif terhadap rupiah. Saat postingan ini ditulis, nilai 1btc= Rp.8jt)

Selain itu, jika beberapa transaksi di dalam blok itu dicantumkan biaya transaksi, penambang pun bisa mengumpulkan semua biaya transaksi tersebut.


Maka jelaslah sudah bahwa menambang bitcoin itu bukan dimaknai seperti yang kita kira selama ini. Menambang bitcoin disini artinya menambang menggunakan alat tertentu yang dalam prosesnya memecahkan puzzle matematic secara sistematis hingga terciptanya sebuah blok baru.


Comments

  1. Oo gtu yach...brati bitcoin itu seperti paypal atau payza mgkin bedanya kl bitcoin ratenya smakin hari smkin gede.. Jd bnyak yang investasi menggunakan bitcoin

    ReplyDelete
  2. YoBit lets you to claim FREE CRYPTO-COINS from over 100 distinct crypto-currencies, you complete a captcha once and claim as much as coins you need from the available offers.

    After you make about 20-30 claims, you complete the captcha and continue claiming.

    You can press CLAIM as much as 30 times per one captcha.

    The coins will stored in your account, and you can convert them to Bitcoins or any other currency you want.

    ReplyDelete
  3. Get daily suggestions and instructions for earning $1,000s per day ONLINE for FREE.
    GET FREE ACCESS TODAY

    ReplyDelete
  4. BIT KONG Test your fearlessness and get bitcoins from the big angry monkey.

    And most importantly, Claim free bitcoins every 10 minutes from the faucet.

    ReplyDelete
  5. The best things about Clixsense's Get Paid To Program:
    1. SURVEYS: 50+ 5-40 minute surveys paying $0.5-$2.5 each.
    2. 12 OFFER WALLS - Make $0.5-$20 per offer.
    3. MICRO TASKS - Complete 1,000's of small tasks from lots companies.

    ReplyDelete
  6. Bergabunglah dengan 125.000+ trader yang telah memanfaatkan platform perdagangan kami yang ramah pengguna. Mereka menggunakan FXB Trading karena kami adalah broker yang diatur FSA, kami berkolaborasi dengan semua pertukaran kripto utama dan tidak ada biaya atau komisi untuk membayar. Kami juga dapat menawarkan leverage 1:10 untuk perdagangan cryptos - yang sulit dikalahkan.

    ReplyDelete
  7. ayo manfaatkan peluang keuntungan di internet dengan bergabung dengan FXBtrading , layanan trading forex, CFD , Cryptocurrency dll dan memiliki lebih dari 300 instrumen jadi masih bermacam 2 pilihan untuk melakukan perdagangan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mudah Dapat Duit Dari internet ; bisnis online tanpa modal alias gratis

Cara Mudah Dapat duit dari internet ; bisnis online tanpa modal alias gratis   - Mengapa internet sarana paling praktis buat cari penghasilan? Yup, tak dapat dipungkiri, bahkan tanpa perlu penjelasan untuk pertanyaan tersebut kita semua pasti sudah tahu bahwa internet merupakan gudang informasi, juga sebagai wadah kegiatan usaha secara universal. Ya, internet bisa sebagai sarana usaha atau bisnis online . Internet sangat mudah diakses oleh siapa saja. Inilah poinnya, mudah diakses oleh siapa saja, disegala penjuru dunia selama selama jaringan internet terpenuhi dan memiliki perangkat yang mendukung. Dan pada postingan kali ini saya mencoba memberikan solusi cara mudah dapat uang penghasilan tanpa modal di internet atau  CARA dapat DUIT di INTERNET dengan mudah dan GRATIS . Semoga artikel ini bermanfaat nantinya, berharap dibaca oleh yang membutuhkan info tentang cara mendapat penghasilan dari internet dan yang membaca postingan ini paling tidak bisa terbantu, sebagai solusi ba

Cara Mudah Dapat Bitcoin-Gratis

bikinduit-net.blogspot.co.id P engertian Bitcoin dan sistem Bitcoin sebelumnya sudah saya share dipostingan ini , tinggal sekarang bagaimana kita mendapatkan Bitcoin secara online dan gratis . Sebelum berburu Bitcoin kalian membutuhkan tempat penyimpanan bitcoin atau biasa disebut akun wallet. Buat yang belum sempat bikin, link panduan berikut semoga membantu- Panduan bikin wallet bitcoin baca disini Cara mendapatkan Bitcoin sama seperti cara mendapatkan dollar secara online, bisa dengan cara gratis ataupun dengan cara sistem berbayar, misalnya investasi. Saran saya (pengecualian bagi yang suka investasi), dengan mempertimbangkan resiko yang bisa saja terjadi, berhati-hatilah dgn yang namanya investasi online. Opini saya, didunia nyata saja investasi rentan terhadap penipuan apalagi dunia online. Resiko bisa dari mana saja namun kembali lagi, kalian sendiri yang bisa menilainya. Saya tidak akan berdebat tentang hal itu, hehe Oke, untuk tips mendapatkan Bitcoin secara gr

Lihat Video Dibayar Dollar Terbukti Legit alias Bukan Program Scam

Lihat Video Dibayar Dollar Terbukti Legit alias Bukan Program Scam - Tertarik jika nonton video dibayar? Perkembangan teknologi sekarang ini sungguh sangat pesat khususnya dunia smartphone menuntut kita untuk selalu update dalam segala hal jika tak ingin tergerus keadaan. Ini seperti kita dihadapkan pada dua situasi berbeda yang mana keduanya memiliki poin negatif dan positif. Tidak ada hal yang salah atau benar, semua tergantung pribadi pengguna. Jika kita menyikapi keadaan ini dengan cara yang benar maka bukan hal tidak mungkin dunia akan dalam genggaman kita. Maka alangkah baiknya jika perkembangan teknologi kita jadikan peluang apalagi dalam hal menambah pundi-pundi penghasilan kita. Nah kabar baiknya sekarang ini lagi tren atau sedang hot-hotnya berbagai aplikasi smartphone khususnya aplikasi android yang dapat menghasilkan duit dengan cara yang tergolong simple alias mudah, ambil contoh misal cuman lihat video kita mendapat bayaran. Menghasilkan uang dari aplikasi andr